Ramadhan Insight for ABENETWORK Preneur

Bulan Suci Ramadhan, menurut data internal facebook di negara tertentu (termasuk Indonesia) dipergunakan lebih banyak untuk membaca informasi, belanja online & berhubungan dengan teman & keluarga & komunitasnya lebih intens.
Bagaimana memanfaatkan momentum Ramadhan bagi kita para ABE Prenuer?
Facebook memberikan data yang valid berdasarkan internal data dari tahun sebelumnya. seperti :
  • apa yang dibicarakan?
  • kapan mereka online?
  • bagaimana mereka belanja?
tentunya jika kita cerdas, akan dapat memanfaatkan momentum bulan Ramadhan untuk menjemput rejeki lebih banyak & penuh berkah. aminnn.
inilah data resmi dari facebook :
apa yang relevan dengan bisnis ABE kita?
ya HEALTH! bahkan di tahun lalu menyamain persentase pembicaraan tentang FASHION yang sebelumnya mendominasi! artinya semakin banyak orang yang “melek” dengan KESEHATAN & karena puasa berkaitan erat dengan kesehatan pencernaan, usus & lambung. maka tidakkah anda melihat potensi pasar yang sangat menggiurkan ini?
nggak heran jika permintaan produk kesehatan pencernaan seperti FIFORLIF begitu tingginya jelang & saat Ramadhan. Bahkan stok pada tahun sebelumnya sempat kewalahan & kosong walau sudah ditingkatkan beberapa kali lipat buffer stocknya. Coba saja perhatikan status-status teman-teman abenetwork jelang Ramadhan, sadisss banget kan omset FIFORLIFnya? mulai tsunami order!
jika anda memakai Facebook/ Instagram dan membutuhkan engagement tinggi pada iklan/ status jualan maka perhatikan jam berikut selama bulan Ramadhan :
jam 2-5 pagi saat Ramadhan adalah PRIME TIME orang-orang mengakses facebook. Optimalkan baik itu dengan metode gratisan atau paid ads.
Tentunya jika yang memakai cara gratisan seperti yang saya bahas di ebook “Jurus Gratis FB Marketing” maka pastikan anda sudah berteman secara tertarget & anda juga rajin berinteraksi dengan pertemanan Fb anda. akan lebih baik lagi jika anda memiliki akun FB yang berteman dengan 1 kota (sehingga bisa COD/ Bayar Ditempat) & berteman dengan target market misal FIFORLIF di kota tersebut.
Jika anda memakai FB ADS, maka jam-jam tersebut sangat tepat untuk meningkatkan engagement iklan FB ADS anda. nah itu kalo engagement (interaksinya), lalu bagaimana dengan shopping behaviornya/ kebiasaan belanja user FB? cek ini :
Facebook internal data, January 2016-December 2016 (accessed January 2017). Conversion data is tracked by SDK and FB pixel
see?
jam 12 siang hingga 5 sore mulai ada peningkatan signifikan belanja dari user facebook.
puncaknya jam 5 sore hingga jam 11 malam klimaksnya.
Jika Anda jualan online via facebook sebaiknya aktif pada jam-jam tersebut untuk memonitor penjualan, engagement, berinteraksi & melakukan aktifitas CS dengan responsive. jangan malah bobo cantik kecuali yg sudah punya admin/ CS sendiri.
itu jam-jam belanja di bulan Ramadhan secara global. bagaimana dengan Indonesia? hampir sama saja dengan data 2016 diatas, cek ini (data 2015) :
apakah pada jelang & saat Ramadhan saja?
umumnya beberapa hari mendekati Idul Fitri penjualan akan agak slow down, khususnya bagi yang berjualan online, karena konsumen tahu bahwa jasa ekspedisi mulai kewalahan/ overload & menganggap owner online shop mulai merencanakan libur idul Fitri. dan berdasarkan statistik FB, akan naik lagi penjualan setelahnya.
tentunya ini tidak berlaku bagi yang menjalankan secara OFFLINE. justru ini adalah saat yang sangat tepat untuk melakukan EXTREME ACTION! action gila-gilaan! dalam berbisnis anda perlu pintar memanfaatkan keadaan & momentum!
lihat behavior pembeli online di facebook :
data Idul Fitri 2015 - facebook - akses mobile di 2017 lebih tinggi
Setelah Idul Fitri ternyata ada kenaikkan kembali dalam rentang 2 minggu, berarti campaign setelah idul fitri berdasarkan statistik 2015 di 5 hari awal boleh di stop sementara dan lanjutkan dihari berikutnya hingga hari ke 14. Tapi ingat : ada potensi resiko campaign yang di stop itu “performance”nya akan menurun, jika modal cukup & ada sumber daya CS/ admin penjualan sebaiknya tetap hajar saja beriklan (tanpa stop).
data diatas adalah 2015, jika pakai FB ADS rekomendasinya fokus di mobile, karena 2017 akses mobile lebih tinggi dibanding data 2015. data 2015 diatas hanya untuk menunjukkan kebiasaan user FB melakukan belanja : sebelum Ramadhan, saat Ramadhan & setelah Idul Fitri.

3 FASE Ramadhan di Facebook :

warna merah menunjukkan saat bulan Ramadhan.
Bagi yang jualan online, jelang Idul Fitri jangan menjanjikan pengiriman cepat karena bisa diapstikan jasa ekspedisi overload, umumnya yang terjadi adalah pending pengiriman yang lama yang membuat konsumen anda kapok belanja lagi dengan anda.
kesimpulannya, lebih cepat anda memulai lebih bagus! Fast Action!

Produk ABE apa yang paling cocok dipromosikan saat Ramadhan?

Produk Kesehatan (Fiforlif & Hirvero) ke 2-nya saling mendukung mengoptimalkan kesehatan tubuh selama bulan Ramadhan. Tentu saja FIFORLIF masih menjadi favorit & best selling saat ini dibanding Hirvero, hal ini karena belum ada yang “ngoprek” promosi hirvero, padahal keren banget lho Hirvero, sampai-sampai ada kesaksian NYATA salah 1 member ABE yang terkena tumor bisa sembuh tanpa operasi.
Ditambah lagi (*update 2018) ada video DEMO HIRVERO yang bisa dilihat langsung dengan mata kepala sendiri memakai uji lab LBA (Life Blood Analysis) yang setelah 10 menit konsumsi HIRVERO, sel darah yang tadinya menggumpal, menjadi TERURAI & berubah menjadi sel-sel kecil bulat yang mudah bergerak & bisa membawa oksigen lebih banyak (lihat gambar ini).
before & after 10 minutes

VIDEO DEMO HIRVERO

Manfaat & kandungan HIRVERO

15 tetes 2x sehari selama bulan Ramadhan
HIRVERO memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan & menjauhkan dari berbagai penyakit kronis. Kombinasikan dengan FIFORLIF (dikonsumsi sebelum minum FIFORLIF) untuk mendapatkan hasil optimal selama berpuasa & aktifitas harian.
Temukan update & belajar hal-hal terbaru di TELEGRAM Private Channel : “Abenetwork News” via link private ini:
Saran : sebelum minum FIFORLIF - konsumsi HIRVERO (saat sahur & buka) = 15 tetes akan membuat tubuh makin sehat & bugar!

oke, kita bahas FIFORLIF ya...

apa saja ide “angle” FIFORLIF untuk bulan Ramadhan & Idul Fitri?
ini diantaranya :
  • Mengenyangkan selama puasa > fiforlif kaya serat > baca artikel tentang SERAT yang pernah saya bikin di status FB saya yg ini : http://www.facebook.com/bayuonline/posts/10207421059679450
  • Memberi nutrisi tubuh selama puasa > Fiforlif full dengan nutrisi yang dibutuhkan tubuh sehari-hari.
  • Detox > saat yang tepat selama puasa melakukan detoks > beri edukasi tentang detox > juga bisa dipromosikan jelang Idul Fitri atau setelahnya (lihat graphic diatas)
  • Buang lemak di lipatan usus > yang berhubungan dengan lemak sangat menarik audience wanita.
  • Sehat selama puasa
  • Perut begah, susah BAB juga tepat untuk angle jelang Idul Fitri.
  • Kolesterol, konstipasi, berefek terkena liver > ini tidak bisa di iklankan via FB ads karena memakai nama2 penyakit/ oragn tubuh yang tidak diperbolehkan oleh FB. jadi cocoknay utk cara gratisan saja, spt UPDATE status pribadi utk jualan/ edukasi.
  • Jangan menyebutkan tips di FB ADS (kecuali yg metode GRATISAN), karena nanti yg klik akan banyak yang maunya gratisan saja. bukan buyer.
  • resep masakan, makanan buka puasa, makanan untuk sahur dll.
jangan pakai bahasa diatas, itu hanya utk menunjukkan anglenya saja, gunakan “bahasa padanan” yang menarik & hindari memakai “subyek” di ads copy seperti dia, kamu, mu, anda, nama orang, turun sekian kilo/ kg, 7 minggu, sebulan dll. Hindari foto before after, hindari foto yg fokus pada bagian tubuh tertentu.
tentunya jika anda rajin beriklan, anda akan memiliki kreatifitas yang makin tajam selain yang disebutkan di atas. jadi rajin praktek iklan & anda akan memiliki gaya iklan yang bisa jadi berbeda dengan yang lain. jadi jangan pernah memaksakan diri harus sama dengan yang sudah beromset besar. temukan sendiri style beriklan anda dengan rajin praktek ngiklan & split test.

Hal Penting untuk penjualan di bulan Ramadhan & Idul Fitri:

  1. SEGERA mulai promosi lebih awal, makin cepat makin maknyusss, makin telat makin memble!
  2. Gunakan insight-insight dan angle-angle yang kreatif yang relevan dengan target market produk yang akan anda pasarkan, seperti contoh sebelumnya.
  3. Iklan VIDEO saat ini lagi bagus, jika menguasai pixel gunakan untuk funneling & retargeting.
  4. Coba lakukan FB LIVE untuk promosi, misal sambil liput paket kiriman atau edukasi/ presentasi produk. karena algoritma FB saat ini memprioritaskan VIDEO, terutama live video dan akan muncul paling atas di newsfeed pertemanan FB anda PERTAMAKALInya di newsfeed hingga live video selesai.
  5. Perhatikan ADS COPY (materi iklan : text, gambar, artikel dll) & FB ADS policy.
  6. Jangan lupakan moment setelah Idul Fitri karena terjadi juga peningkatan pembelian setelah moment tersebut.
  7. Sesuatu yang mau di scale up itu harus TERUKUR. jangan berdasarkan asumsi jadi harus berdasarkan data dengan melakukan split test.
  8. Mainkan ads copy COD bagi yang tinggal di kota besar. FIFORLIF sudah dikenal di kota besar, konversi COD sedang menanjak saat ini & bisa sambil memberikan edukasi langsung yang bisa berefek beli lebih banyak & cross selling. secara psikologis akan lebih nyaman bertransaksi yang bisa mendatangkan RO tinggi.
    Join group TELEGRAM COD ABENETWORK :
https://t.me/joinchat/AAAAAEGnYRW9L4HjxWoLBg

  1. Jika mengiklankan bisnisnya, untuk merintis membangun aset dengan SUPER TEAM, ini adalah saat/ momentum yang SANGAT TEPAT karena selain akhir tahun, Ramadhan & Idul Fitri juga digunakan banyak orang untuk mencari-cari PELUANG BISNIS yang bisa dijalankan dari rumah bersama keluarga.
    Coba perhatikan saat Idul Fitri,
    ketika anda lama tak jumpa dengan sanak saudara apa yang umum ditanyakan? yes. “sekarang kerja dimana? atau aktifitasnya apa sekarang?” tapi kalo buat yang jomblo “mana calonnya? atau kapan nikah?
  2. Tidak ada Pelanggan LOYAL!
    ketika ada pelanggan setia anda tahu teman kerja/ saudaranya distributor ABE maka dia akan memilih membeli kepada mereka karena membina hubungan baik dibanding anda walaupun selama ini langganan loyal. walau tidak semua pelanggan bersedia menjadi distrbutor, Jangan lepaskan pelanggan loyal anda, kunci mereka dengan membantunya menjadi TEAM anda. Tidak ada yang menyangka rejeki anda darimana datangnya, mungkin bukan di FB ADS/ Adwords dll bisa jadi dari mereka yang kelak menjadi SUPER TEAM anda!
  3. Pastikan STOK FIFORLIF & HIRVERO anda cukup, jangan menggantungkan diri dengan stokis (SC & MC). Anda bisa bayangkan berapa banyak rejeki yang lewat begitu saja hanya karena anda kehabisan stok walau bisa dropship? dan SC/ MC juga stok telat datang karena jasa ekspedisi overload? atau bahkan stok pusat kosong?
Jika anda memiliki target hingga akhir tahun 2018,
maka anda harus mulai “bergerak cepat” nggak bisa lagi santai atau nanti-nanti, jangan lemot & letoy, lebih baik babak belur saat ini & menikmati hasilnya tahun depan, dari pada kerjaan anda sibuk gonta-ganti resolusi baru setiap awal tahun tanpa hasil!
ingat selalu guys...
“mungkin kita sudah tidak memiliki kesempatan lagi....”
pastikan TEAM anda membaca note “Ramadhan Insight for ABENETWORK Preneur” ini.
Sudah siap EXTREME ACTION??? “nyalakan” mesin ACTIONmu!
Yuk FULL SPEED!!!

Postingan populer dari blog ini

Tipe - tipe Pembelajar : Analogi Gelas

MENEMUKAN HARTA KARUN PUSAKA TERPENDAM

"FISIOGNOMI CINA (BENTUK WAJAH BERDASARKAN 5 ELEMEN)"